SAPMA Langsa akan Laksanakan Diskusi Publik: Kearifan lokal, Islam dan Keindonesiaan

Laporan: ADI MUJIB
Editor: PAJIBER MBO

LANGSA – www.suarapublik.co.id | PENGURUS Cabang Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA)Pemuda Pancasila Kota Langsa akan melaksanakan Diskusi Publik dengan tema: Kearifan lokal, Islam dan Keindonesiaan. Hal ini sebagai wujud tanggung jawab kaum muda dalam usaha memperkokoh kesatuan bangsa, ujar Ketua Pengurus Cabang Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA)Pemuda Pancasila Kota Langsa, Putra Zulfirman di Langsa, Rabu, (08/11/2017).

Putra Zulfirman menegaskan, generasi muda berkewajiban memperkokoh persatuan bangsa dengan senantiasa mengamalkan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Perkokoh kesatuan bangsa adalah tugas pemuda. Inilah yang harus ditanamkan dalam setiap gerak dan langkah kaum muda”, ujar Putra.

Tujuan dari diskusi dimaksud, kata dia, sebagai upaya memberikan pemahaman dan pendalaman penghayatan, pengalaman Pancasila dalam konteks kekinian kepada generasi milineal. “Diharapkan timbul pemahaman bersama akan nilai luhur Pancasila yang relevan dengan kearifan lokal, Islam dan keIndonesiaan sehingga rajutan persatuan akan semakin kokoh”, paparnya.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Panitia Diskusi Publik, Muhammad Iqbal Martondang menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan pada 20 November mendatang, bertempat di aula Graha Pemuda (gedung KNPI) Kota Langsa.

“Acara ini juga bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemuda Pancasila Ke 58, HUT SAPMA Pemuda Pancasila ke-29 dan monentum hari pahlawan tahun 2017”, kata Iqbal.

Dituturkannya, sebagai narasumber pada diskusi tersebut adalah Dandim 0104/Aceh Timur, Kapolres Langsa, Rektor Universitas Samudera, Ketua MPU dan Ketua DPD II KNPI Kota Langsa.

Sementara, sebagai moderator yang memandu jalannya diskusi, direncanakan Ketua KIP Kota Langsa, Agusni AH dan Komisioner Panwaslu Agus Syahputra. Sedangkan peserta meliputi: siswa SMA sederajat, perwakilan mahasiswa, OKP dan pemuda lainnya yang diprediksi berjumlah 100 orang.

”Kami berharap kegiatan ini bisa bermanfaat sebagai upaya memperkokoh persatuan kaum muda, bangsa dan negara. Tentu kami berharap dukungan semua pihak”, pungkas Iqbal. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *