Tingkatkan Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran dan Kematian, Pemkab Bener Meriah Laksanakan Lokakarya

Laporan: WAN KURNIA
Editor: PAJIBER MBO

BENER MERIAH – www.suarapublik.co.id | PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bener Meriah melaksanakan Lokakarya Penyusunan Modal dan Mekanisme Pelayanan Akta Kelahiran serta Akta Kematian. Acara lokakarya tersebut dibuka oleh Wakil Bupati (Wabub) Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan, Selasa (08/08/2017).

Pada kesempatan ini, Wabup dalam arahannya menyampaikan, ke depan perlu adanya peningkatan pelayanan dalam pembuatan akte kelahiran menjadi lebih cepat, efisien, praktis. “Dengan begitu masyarakat kita akan lebih mendapatkan kenyamanan dalam pelayanan itu”, harap Sarkawi.

Lebih lanjut dia menambahkan, bahwa dirinya telah meminta agar Disdukcapil dan dinas lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, untuk membuat maklumat pelayanan dan dipajang di kantor bersangkutan, sehingga masyarakat mengerti apa yang harus dipersiapkan dalam mengurus keperluan mereka. Selain itu Wabup juga meminta agar kerjasama dengan pihak kementerian agama dalam program isbat nikah terus digalakkan.

“Isbat nikah ini perlu terus kita galakkan dan kita sosialisasikan di Kabupaten Bener Meriah ini, karena masih banyaknya orang tua kita terdahulu belum memiliki buku nikah”, pinta Tgk. H. Sarkawi.

Sebelumnya M. Yusran selaku KOMPAK Provinsi Aceh dalam kesempatan itu menyampaikan, kegiatan hari itu merupakan salah satu program dari KOMPAK untuk bagaimana melembagakan sistem pencatatan sipil dan statistik hayati, sehingga bisa masuk kedalam pelayanan dasar yang inklusif dan tata kelola akuntibel.

“Program ini untuk mendukung Pemerintah Indonesia mencapai targetnya dalam meningkatkan pencatatan akte kelahitan dan kematian dan dapat menjadi sumber data perencanaan baik itu di daerah, desa sampai ketingkat nasional”, katanya.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, dengan jumlah peserta 49 orang dari level kabupaten sampai dengan desa.

“Narasumber dari Disdukcapil Bener Meriah, Fustapa UI. Kegiatan ini difasilitasi PKPM yang bermitrra dengan Redelong Institut. Hasil yang kita harapkan dari kegiatan ini yaitu menyusun dan menyepakati model mekanisme serta kelembagaan layanan identitas hukum untuk percepatan cakupan akte kelahitan dan kematian. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *