Program Terobosan Disdik Bener Meriah: Syarat Kenaikan Kelas Siswa Dapat Mengaji

Laporan: WAN KURNIA
Editor: PAJIBER MBO

BENER MERIAH – www.suarapublik.co.id | BERBAGAI program dan kegiatan akan dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bener Meriah sebagai suatu upaya terobosan untuk meningkatkan peran dan tanggungjawab serta sinkronisasi. Hal ini bertujuan untuk saling memperkuat hubungan antara guru, orang tua murid, dan peserta didik dalam membangun kemitraan yang sinergis dengan lingkungan yang mendukung terwujudnya proses pendidikan kearah yang lebih baik, demikian dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah Drs. Rayendra, Sabtu (10/06/2017) di ruang kerjanya kepada www.suarapublik.co.id.

Program dan kegiatan tersebut, lanjut Rayendra meliputi penguatan kemitraan antara guru dan orang tua murid, melalui komunikasi guru dengan orang tua murid yang lebih intensif dengan memanfaatkan alat komunikasi seluler, untuk memantau aktivitas murid, baik pada jam-jam belajar maupun saat siswa di luar sekolah.

Kemudian, jelas Rayendra, program yang dapat menumbuhkan rasa memiliki dari lingkungan dimana peserta didik berada, atas potensi dan kemampuan siswa untuk dapat lebih dihargai prestasinya, dengan melibatkan kehadiran dan peran Reje Kampung.

Lalu, sebut Rayendra program peningkatan tanggungjawab moral dan integritas para guru. Dibidang agama sebagai syarat kenaikan kelas akan dimintakan rekomendasi dari TPA tempat siswa mengaji. Para Kepala Sekolah akan diberlakukan test kemampuan membaca Al-Quran serta disetiap kelas disedikan Al-Quran untuk murid dapat melakukan kegiatan mengaji yang diharapkan dapat meningkatkan akhlak dan tauhid murid.

Disamping itu, papar Rayendra untuk ekstra kurikuler akan dibentuk sentral pengembangan bahasa ingris untuk tingkat SLTP.

Langkah program dan kegiatan terobosan tersebut, jelas Rayendra akan dikaji lebih mendalam untuk dirumuskan agar dapat di ajukan kepada Bupati untuk dapat di buat Peraturan Bupati (Perbup), sehingga lebih efektif dalam pelaksanaan dan kesinambungan program. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *