Rocky: Pembangunan Jalan Elak Solusi Pengurai Kemacetan Kota Idi

Laporan: MUHAMMAD HASBUH
Editor: PAJIBER MBO

ACEH TIMUR – www.suarapublik.co.id | BUPATI Aceh Timur H. Hasballah H.M Thaib atau akrab disapa Rocky meninjau langsung pengerjaan jalan Elak sepanjang 17 Kilometer yang dimulai dari Kecamatan Peudawa hingga tembus ke Kecamatan Darul Aman (Idi Cut) pada hari Selasa (09/05/2017) sekira pukul 16.00 WIB.

Bukan sebatas solusi kamacetan di Kota Idi, jalan ini dibangun dengan tujuan lainnya yakni untuk mendongkrak ekonomi masyarakat yang berada digaris pedalaman.

“Selain mencari solusi kemacetan Kota Idi, dengan adanya pembangunan jalan elak ini telah meningkatkan ekonomi masyarakat, sepertinya naiknya harga tanah dan mudahnya akses jalan”, jelas Rocky

Pembangunan jalan elak diharapkan segera dapat dimanfaatkan minimal dua tahun kedepan, dan sudah bisa digunakan untuk akses jalan lintasan nasional sebagai solusi pengurai kemacetan di Kota Idi. Disisi lain dengan adanya pembangunan jalan elak secara otomatis hasil bumi milik petani akan mengalami peningkatan harga.

“Jika sebelumnya petani harus menanggung biaya angkut dari desa ke kota, maka kedepan otomatis harga gabah, sawit, coklat, pisang, pinang dan berbagai hasil komuniti lain akan sama daya beli, karena akses jalan lancar”, tambah Rocky.

Sebagaimana diketahui, pembangunan jalan elak sudah dimulai awal 2017. Meskipun baru sebatas pemangkasan bukit dan pemerataan jalan, namun pembangunan jalan sudah mulai diakses petani pada beberapa desa khususnya di Kecamatan Peudawa, Idi Timur dan Idi Rayeuk. Masyarakat disana merasa bangga memiliki pemimpin seperti Rocky, karena dalam memimpin pemerintahan juga sempat memilikirkan kesejahteraan masyarakat pedalaman.

“Kami senang dengan pembangunan jalan elak, karena harga tanah kami naik dan hasil pertanian dan perkebunan yang melimpah sudah mengurangi harga angkut, sebab akses jalan sudah mudah”, tutur Nur Ainsyah, warga Lhok Asahan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *