Listrik Kedondong Temuan Nauval Terangi 60 Rumah Pedalaman Aceh Timur

Laporan: MUHAMMAD HASBUH
Editor: PAJIBER MBO

ACEH TIMUR – www.suarapublik.co.id | TIDAK kurang dari 60 unit rumah di Gampong (Desa) Tampor Paloh, Kecamatan Simpang Jernih, Kabupaten Aceh Timur dan sekitarnya telah terpasang lampu dengan menggunakan kekuatan energi pohon Kedondong temuan Nauval. Kamis (27/04/2017).

“Kita patut bersyukur atas temuan energi pohon Kedondong (Keurundong Pageu-red) oleh Nauval, sehingga temuan yang terus dikembangkan itu, kini telah membantu puluhan rumah warga dipedalaman Aceh Timur”, ujar Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Bin Syama’un yang populer dengan sapaan Linud.

Selama ini Nauval dibantu oleh PT Pertamina EP Rantau Field dalam pendanaan dan pengembangan Pohon Pijar untuk menerangi kampungnya yang belum tersentuh jaringan listrik. Oleh karenanya, diharapkan Nauval dapat terus berkarya dan berinovasi dengan temuan tersebut.

“Keberadaan PT Pertamina, dalam membantu temuan tersebut sangat kita apresiasi. Namun, harapan kita semua, temuan ini jangan sampai putus ditengah jalan, mari kita bersama mendukung dalam pengembangan temuan Nauval ini”, harapnya.

Sebelumnya Naufal Raziq (13), terlihat sangat lancar menjelaskan satu persatu perangkat yang melekat pada hasil temuannya berupa sumber energi listrik dari pohon Kedondong di Stan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh pada tanggal 9 Oktober 2015 lalu.

Pelajar yang masih duduk di bangku kelas 3 MTsN, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa ini keluar sebagai juara ke-2 Teknologi Tepat Guna (TTG) se-Aceh. Untuk memamerkan temuannya Naufal sudah melakukan 80 kali uji coba sebelum akhirnya membuahkan hasil yang diharapkan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *