Aceh Timur Terima Sertifikat Eliminasi Malaria

Laporan: MUHAMMAD HASBUH
Editor: PAJIBER MBO

ACEH TIMUR – www.suarapublik.co.id | MAYARAKAT Aceh Timur patut berbahagia, karena kabupaten ini termasuk satu dari tujuh kabupaten/kota penerima Sertifikat Eliminasi (Bebas) Malaria yang diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI Prof.dr. Nila A. Moeloek, Sp.M di Lapangan Pelabuhan Perikanan Kota Ternate Maluku Utara. Kamis (27/04/2017).

Setelah melalui proses yang sangat panjang, Kabupaten Aceh Timur yang merupakan salah satu daerah Endemis Malaria. Dimana kasus malaria yang masih sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Sejak tahun 2010, Dinas Kesehatan Aceh Timur melakukan berbagai upaya untuk menemukan kasus, menangani dan menurunkan angka Kasus penyakit Malaria di Aceh Timur.

Pada bulan November 2012, bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional ke 48, Bupati Aceh Timur, Hasballah Bin Muhammad Thaib, menandatangani Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2012 tentang Eliminasi Malaria di Kabupaten Aceh Timur. Berbekal Peraturan Bupati No. 42 Tahun 2012 tersebut, Dinas Kesehatan Aceh Timur melakukan beberapa kegiatan yang mendukung terwujudnya Kabupaten Aceh Timur menuju kawasan Bebas Malaria.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dimaksud adalah Advokasi dan Sosialisasi tentang Penananganan dan Bahaya serta Pencegahan Penyakit Malaria bagi Lintas Sektor terkait, Peningkatan Kapasitas petugas Malaria Puskesmas dan Rumah Sakit, Peningkatan Kapasitas petugas Kesehatan (termasuk bidan desa), melakukan monitoring dan evaluasi program serta penguatan sistem pelaporan dan pendataan.

Dari seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan, hasilnya sangat signifikan bagi Kabupaten Aceh Timur, yang mana pada Tahun 2009 terdapat 105 kasus positif Malaria di Aceh Timur, sedangkan pada tahun 2014 (6 kasus) , 2015 (3 kasus) dan 2016 (1 kasus), yang mana kesemua kasus tersebut bukan merupakan kasus setempat (indeginous) tetapi merupakan kasus dari luar daerah (import).

“Pada akhir tahun 2016, tim dari Subdit Malaria Kementrian Kesehatan RI melakukan Verifikasi ke Kabupaten Aceh Timur, dan Alhamdulillah hasil yang mereka simpulkan adalah bahwa tidak ada lagi kasus Malaria di Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Aceh Timur ditetapkan sebagai daerah Eliminasi (bebas) Malaria”, ujar Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur, H. Kamarullah, S.KM, M.Si

Saat ini acara sedang berlangsung di Lapangan Pelabuhan Perikanan Kota Ternate Maluku Utara, yang mana Menteri Kesehatan RI berkenan menyerahkan Sertifikat Eliminasi (bebas) Malaria kepada Kabupaten aceh Timur yang diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur, H. Kamarullah, S.KM, M.Si, mewakili Bupati Aceh Timur.

Turut hadir dalam acara tersebut Dirjend P2P Kemenkes RI, dr. H. Muhammad Subuh, M.P.PM, Wakil Gubernur Maluku Utara, para Bupati dan Walikota se Maluku Utara, para Bupati dari 7 kabupaten/kota atau perwakilannya yang menerima sertifikat eliminasi (bebas) malaria, Kepala Dinkes Prop Malut, Kadinkes Kabupaten / kota penerima Sertifikat Eliminasi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *